Sabtu, 09 Maret 2013

SAP TEP 2013


SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                             : Teknologi Pendidikan
Kode Mata Kuliah                   : -
SKS                                         : 3
Semester                                  : II (dua)
Kelas                                       : Khusus S-2 IAIN Sunan Ampel Surabaya                
Dosen                                      : Dr. As’aril Muhajir, M.Ag


DESKRIPSI
Mata kuliah ini termasuk kelompok mata kuliah keahlian (MKK) program studi/konsentrasi yang dalam pelaksanaannya akan menyajikan dan mendiskusikan beberapa konsep esensial mengenai teknologi pendidikan.

TUJUAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan para mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan tentang konsep-konsep teknologi pendidikan berseta implementasinya, baik secara instruksional mapun secara institusional.

MATERI KULIAH
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang:
1.             Pengertian dan ruang lingkup teknologi pendidikan.
2.             Pengembangan dan pemanfaatan teknologi pendidikan.
3.             Media pembelajaran: grafis, visual, audio, dan audio-visual.
4.             Prinsip, fungsi, dan kriteria dalam pemilihan media pembelajaran.
5.             Pendekatan, strategi, dan model dalam pembelajaran.
6.             Pengantar hardware components of ICT.
7.             Pendidikan berbasis internet: peluang dan tantangannya.
8.             Open and distance learning: peluang dan tantangannya.
9.             Sekolah unggulan dan sekolah model.
10.         Sistem pendidikan full day school dan terpadu.
11.         Pendidikan formal dan boarding school.
12.         Implikasi instruksional teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran.
13.         Implikasi institusional teknologi pendidikan dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam.
14.         Pengembangan desain, pelaksanaan, evaluasi pendidikan.

Sistem Perkuliahan
Pelaksanaan perkuliahan menggunakan dua pendekatan. Pertama: pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah dan tanya jawab yang dilengkapi dengan penyajian dalam bentuk naskah (makalah) dan power point. Kedua: pendekatan inquiry-discovery yaitu penyelesaian tugas penyusunan makalah tentang teknologi pendidikan dan disajikan dalam diskusi kelas.

EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN
Penilaian hasil atau penguasaan atas materi kuliah dilakukan berdasarkan:

No
Komponen
%
1
Partisipasi
10
2
Presentasi makalah
25
3
Ujian Tengah Semester (UTS)
25
4
Ujian Akhir Semester (UAS)/
Revisi Makalah secara individual
40
Jumlah
100

REFERENSI

NO
JUDUL BUKU
PENULIS
PENERBIT
TH
1.       
Instructional Technology: Past, Present, and Future
Gary J. Anglin
Englewood, Colorado: Libraries Unlimited, Inc.
1991
2.       
Educational Technology. The Development of a Concept.
Januszewski, Alan.
Englewood. Libraries Unlimited. Inc.
2001
3.       
Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.
Yusufhadi Miarso
Pustekkom Diknas. Anglin, Gary J.
2005
4.       
Handbook of Research for Educational Communications and TechnologY
Jonassen, David H. (Ed.).
New York: AECT
1996
5.       
International Encyclopedia of Educational  Technology. Second Edition.
Plomp, Tjeerd. Ely, Donald P.
Cambridge: Pergamon.
1996
6.       
Instructional Technology: The Definition   and Domain of the Field.
Seels, Barbara B. Richey, Rita C.
Washington,DC: AECT.
1994
7.       
Information and Communication Technologies in Schools: A Handbook for Teachers or
How ICT Can Create New,
Open Learning Environments
Alexey Semenov
Division of Higher Education
UNESCO
2005
8.       
Information and Communication Technoligies in Teacher Education: A Planning Guide
Nancy Allen, etc
Division of Higher Education
UNESCO
2002
9.       
Open and Distance Learning: Trends, Policy and Strategy Considerations

Michael M. Moore
Division of Higher Education
UNESCO
2002
10.   
Schooling for Tomorrow (Learning to Change: ICT in Shool)
OECD team
OECD (Organisation Economic Co-operation Development)
2001
11.   
Belajar Dengan Pendekatan: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik (PAILKEM)
Hamzah B. Uno, Nurdin Mohamad
2011
12.   
Media Komunikasi Pendidikan
Sudarwan Danim
Bumi Aksara
2011
13.   
Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai
Anna Poedjiadi
Rosda
2005
14.   
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru
Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana
Rajawali Pers
2011
15.   
Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar
S. Nasution
Bumi Aksara
2010
16.   
Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi paikem
Agus Suprijono
Pustaka Pelajar
2010
17.   
Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru
Rusman
Rajawali Pers
2010
18.   
Sekolah Unggulan Berbasis Sirah Nabawiyah
Darul Falah
2011
19.   
Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual
As’aril Muhajir
Arruz Media
2011
20.   

Information and Communication Technoligies in Schools: A Handbook for Teachers
UNESCO
2002
21.   

In formation and Communication Technologies in Teacher Education: A Planning Guide
UNESCO
2002
22.   

Open and Distance Learning: Trends, Policy, Strategy Considerations.
UNESCO
2002
23.   

Learning to Change: ICT in Schools: Education and Skills.
OECD


Surabaya, 05 Maret 2013

Dosen Pengampu,


Dr. As’aril Muhajir, M.Ag

Tidak ada komentar: