SATUAN
ACARA PERKULIAHAN
Mata
Kuliah : Teknologi Pendidikan
Kode Mata
Kuliah : -
SKS : 3
Semester : II (dua)
Kelas :
Khusus S-2 IAIN Sunan Ampel Surabaya
Dosen : Dr. As’aril Muhajir, M.Ag
DESKRIPSI
Mata kuliah ini termasuk kelompok mata kuliah keahlian
(MKK) program studi/konsentrasi
yang dalam pelaksanaannya akan menyajikan dan
mendiskusikan beberapa konsep esensial mengenai teknologi pendidikan.
TUJUAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan para
mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan tentang konsep-konsep teknologi pendidikan berseta implementasinya, baik secara instruksional mapun secara institusional.
MATERI KULIAH
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang:
1.
Pengertian
dan ruang
lingkup teknologi
pendidikan.
2.
Pengembangan dan pemanfaatan teknologi pendidikan.
3.
Media
pembelajaran: grafis, visual, audio, dan
audio-visual.
4.
Prinsip, fungsi,
dan kriteria dalam pemilihan media
pembelajaran.
5.
Pendekatan, strategi, dan model
dalam pembelajaran.
6.
Pengantar hardware components of ICT.
7.
Pendidikan
berbasis internet: peluang dan tantangannya.
8.
Open
and distance learning: peluang
dan tantangannya.
9.
Sekolah
unggulan dan sekolah model.
10.
Sistem pendidikan full day school
dan terpadu.
11.
Pendidikan formal dan boarding
school.
12.
Implikasi instruksional teknologi
pendidikan dalam proses pembelajaran.
13.
Implikasi institusional teknologi
pendidikan dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam.
14.
Pengembangan desain, pelaksanaan,
evaluasi pendidikan.
Sistem Perkuliahan
Pelaksanaan perkuliahan menggunakan dua pendekatan. Pertama: pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah dan tanya jawab yang dilengkapi dengan penyajian dalam bentuk naskah (makalah) dan
power point. Kedua: pendekatan inquiry-discovery yaitu penyelesaian tugas penyusunan makalah tentang teknologi
pendidikan dan disajikan dalam diskusi kelas.
EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN
Penilaian hasil atau penguasaan atas materi kuliah dilakukan
berdasarkan:
No
|
Komponen
|
%
|
1
|
Partisipasi
|
10
|
2
|
Presentasi makalah
|
25
|
3
|
Ujian Tengah Semester (UTS)
|
25
|
4
|
Ujian Akhir Semester (UAS)/
Revisi Makalah secara individual
|
40
|
Jumlah
|
100
|
REFERENSI
NO
|
JUDUL
BUKU
|
PENULIS
|
PENERBIT
|
TH
|
1.
|
Instructional Technology: Past, Present, and
Future
|
Gary J. Anglin
|
Englewood, Colorado: Libraries Unlimited, Inc.
|
1991
|
2.
|
Educational Technology. The Development of a
Concept.
|
Januszewski, Alan.
|
Englewood.
Libraries Unlimited. Inc.
|
2001
|
3.
|
Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.
|
Yusufhadi Miarso
|
Pustekkom Diknas. Anglin, Gary J.
|
2005
|
4.
|
Handbook of Research for Educational
Communications and TechnologY
|
Jonassen, David H. (Ed.).
|
New
York: AECT
|
1996
|
5.
|
International Encyclopedia of Educational Technology. Second Edition.
|
Plomp,
Tjeerd. Ely, Donald P.
|
Cambridge:
Pergamon.
|
1996
|
6.
|
Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field.
|
Seels,
Barbara B. Richey, Rita C.
|
Washington,DC:
AECT.
|
1994
|
7.
|
Information and Communication Technologies in
Schools: A Handbook for Teachers or
How
ICT Can Create New,
Open
Learning Environments
|
Alexey Semenov
|
Division of Higher Education
UNESCO
|
2005
|
8.
|
Information and Communication Technoligies in
Teacher Education: A Planning Guide
|
Nancy Allen, etc
|
Division of Higher Education
UNESCO
|
2002
|
9.
|
Open and Distance Learning: Trends, Policy and
Strategy Considerations
|
Michael
M. Moore
|
Division of
Higher Education
UNESCO
|
2002
|
10.
|
Schooling
for Tomorrow (Learning to Change: ICT in Shool)
|
OECD
team
|
OECD
(Organisation Economic Co-operation Development)
|
2001
|
11.
|
Belajar Dengan Pendekatan: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan,
Kreatif, Efektif, Menarik (PAILKEM)
|
Hamzah B.
Uno, Nurdin Mohamad
|
2011
|
|
12.
|
Media Komunikasi Pendidikan
|
Sudarwan
Danim
|
Bumi Aksara
|
2011
|
13.
|
Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan
Nilai
|
Anna
Poedjiadi
|
Rosda
|
2005
|
14.
|
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan
Profesionalitas Guru
|
Rusman,
Deni Kurniawan, Cepi Riyana
|
Rajawali Pers
|
2011
|
15.
|
Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar
|
S.
Nasution
|
Bumi Aksara
|
2010
|
16.
|
Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi paikem
|
Agus Suprijono
|
Pustaka Pelajar
|
2010
|
17.
|
Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru
|
Rusman
|
Rajawali Pers
|
2010
|
18.
|
Sekolah Unggulan Berbasis Sirah Nabawiyah
|
Darul Falah
|
2011
|
|
19.
|
Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual
|
As’aril Muhajir
|
Arruz Media
|
2011
|
20.
|
|
Information and Communication
Technoligies in Schools: A
Handbook for Teachers
|
UNESCO
|
2002
|
21.
|
|
In formation and Communication
Technologies in Teacher Education: A Planning Guide
|
UNESCO
|
2002
|
22.
|
|
Open and Distance Learning:
Trends, Policy, Strategy Considerations.
|
UNESCO
|
2002
|
23.
|
|
Learning to Change: ICT in Schools: Education and
Skills.
|
OECD
|
|
Surabaya, 05 Maret 2013
Dosen Pengampu,
Dr. As’aril Muhajir, M.Ag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar